Jumat, 10 Oktober 2008

Antisipasi Keamanan Penumpang Mudik

* Adpel Karimun Periksa Alat Keamanan Kapal

KARIMUN, (KE) - Guna memberikan kenyamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini, pihak Adpel Karimun telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Salah satu di antaranya, dengan menekankan kepada agen pelayaran, terutama kapal penumpang, agar memastikan semua alat keamanan kapal bisa difungsikan dengan baik.
Hal itu disampaikan Kasi Penjagaan dan Keselamatan (Gamat) Adpel Karimun, Fakrin Reza kepada wartawan, saat dimintai tanggapannya atas kesiapan Adpel Karimun mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini, Kamis (25/9).

"Saat ini belum terlihat adanya lonjakan penumpang, namun kami sudah mengantisipasi beberapa hal untuk melayani para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya merayakan Lebaran tahun ini. Salah satunya, menjamin berfungsinya alat keselamatan kapal, terutama kapal penumpang," ujarnya.

Untuk memastikan laik tidaknya alat keselamatan kapal, lanjut Reza, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengecek semua alat keselamatan kapal, khususnya kapal penumpang yang melayani penumpang dari Karimun menuju beberapa daerah di Riau seperti Dumai, Buton dan Siak.

"Kita sudah menyurati semua agen pelayaran agar memperhatikan keselamatan penumpang. Setiap kapal penumpang, alat keselamatan kapal harus ada dan dapat berfungsi dengan baik. Itu adalah aturan. Kami tak mau alat keselamatan kapal itu dibuat hanya pajangan saja," tegas Reza.

Masalah penumpang, Reza menambahkan, kami berharap kepada kapten kapal agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas kapal. Demikian halnya dengan jumlah barang, diharapkan kapal penumpang tidak membawa barang terlalu banyak. "Demi kelancaran dan keselamatan, kami harapkan aturan yang telah kami sampaikan dapat dipatuhi," imbuhnya. (yon)

Tidak ada komentar: