Jumat, 10 Oktober 2008

BC Tegah Lagi Kapal Penyelundup Ballpress yang Sudah 4 Kali Ditahan

KARIMUN - Patroli Bea Cukai (BC) 10002, Sabtu (20/9) malam menegah dua kapal kayu di perairan utara Selat Malaka. Kedua kapal kayu dengan tonase besar tersebut berangkat dari Malaysia dengan tujuan Kuala Enok,Provinsi Jambi.

Informasi yang berhasil dihimpun Batam Today, kedua kapal kayu yang belakangan diketahui bernama KM Dian Monalisa dan KM Berkat Saudara Jaya 2 bermuatan ballpres (pakaian bekas) yang ditaksir mencapai 3.500 bal. Kedua kapal yang mengangkut barang larangan langsung ditarik ke dermaga Kanwil DJBC Tipe Khusus Kepri di Tanjungbalai Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saat Batam Today mencoba menghubungi Kabid P2 DJBC Tipe Khusus Kepri Saifullah Nasution, enggan berkomentar. ''Hari Rabu (24/9) nanti ada eksposnya. Datang aja,'' katanya melalui ponselnya saat dikonfirmasi.

Saifullah menambahkan kedua kapal kayu ini diduga milik H Krm dan H Ytr. Kedua pengusaha kapal yang sudah punya nama di Kepri,dan kapal tersebut bukan hanya sekali ini saja ditangkap patroli Bea Cukai.

Sumber Batam Today menambahkan digunakannya kembali kapal yang sudah tertangkap sebelumnya saat akan menyelundupkan barang dari luar negeri atau sebaliknya, tidak terlepas dari lemahnya sanksi hukum yang diberikan kepada para penyelundup tersebut.

Seperti KM Berkat Saudara Jaya 2, sudah 4 kali ditangkap instansi yang berbeda dengan kasus penyelundupan. agar hal ini tidak terjadi lagi,sebaiknya sarana pengangkut barang divonis hakim dirampas untuk dimusnahkan.

Tidak ada komentar: